Posted by : Unknown Senin, 16 September 2013

Ilustrasi planet Gliese 1214 j (GJ 1214 b) mengorbit bintang Gliese 1214. Image credit: NAOJ
Dengan menggunakan teleskop, astronom Jepang berhasil mendeteksi adanya air di atmosfer planet mirip Bumi, Gliese 1214 b (GJ 1214 b). Hal itu didapat setelah astronom tersebut mengamati bintang Gliese 1214 dengan menggunakan filter teleskop yang berbeda. "Ketika hasilnya digabungkan dengan data yang didapat pada pengamatan sebelumnya, hasilnya menunjukkan bahwa planet GJ 1214 b adalah planet yang kaya akan air," ungkap National astronomical Observatory of Japan dalam sebuah pernyataan.
Hubungan antara komposisi atmosfer planet dengan warna cahaya yang diteruskannya. Paling atas: atmosfer didominasi oleh hidrogen membuat cahaya biru tersebar. Tengah: atmosfer dnegan jumlah hidrogen sedikit membuat warna atmosfer biru lemah. Bawah: awan yang menutupi planet membuatnya cahaya sulit untuk masuk bahkan jika atmosfer itu banyak mengandung hidrogen. Image credit: NAOJ
Temuan ini memperkuat hasil pengamatan sebelumnya pada tahun 2010 di mana astronom saat itu menyimpulkan bahwa planet ini banyak memiliki air. Perlu diketahui bahwa GJ 1214 b merupakan eksoplanet (planet di luar tata surya) yang jaraknya relatif dekat dengan Bumi yakni 40 tahun cahaya dan besarnya 2,7 kali dari Bumi.

Apakah planet GJ 1214 b layak untuk dihuni manusia?? ilmuwan tidak terburu-buru mengambil kesimpulan. Mereka masih mempelajari sifat dari planet tersebut. Diyakini planet GJ 1214 b terbentuk dari piringan protoplanet atau awan gas mengandung es yang mengorbit sebuah bintang muda yang kemudian karena panas es tersebut mencair dan berada di planet itu. (UT, NAOJ, Adi Saputro/ www.astronomi.us)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Entri Populer

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Copyright 2017 , Afif Ramadhan's Blog. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me

- Copyright © Afif Ramadhan's Blog - Everything is Knowledge -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -